Jumat, 29 Agustus 2014

Langkah Meng-install Linux

Juga sebagai system operasi untuk computer dengan jenis Unix, Linux jadi satu diantara misal untuk hasil pengembangan dari piranti lunak bebas serta sumber terbuka paling utama. Dimana kode sumber Linux ini bisa dimodifikasi, serta lalu dipakai dan didistribusikan kembali oleh siapapun dengan bebas. Langkah meng-install Linux bisa kita tekuni.
Dengan beragam faedah serta keringanan yang didapatkan, bikin beberapa orang lalu berbondong-bondong untuk memakai sistem operasi ini. Dimana di bawah ini yaitu langkah meng-install linux yang bisa Anda ikuti, agar bisa memakainya dengan bebas.
Masukkanlah ke piranti CD/DVD-ROM, CD Installer. Lalu reboot computer Andauntuk boot dari CD. Anda mesti menanti sebagian waktu sampai CD mulai aktif.
Sesudah lihat wallpaper serta jendela instalasi, Andaharus pilih bhs. Lalu untuk meneruskan click pada tombol Install Ubuntu 10. 04 LTS.
Peta bumi bakal nampak pada monitor ke-2. Anda mesti pilih tempat serta saat untuk sesuaikan. Sesudah pilih tempat serta memastikan saat, jadi click pada tombol Forward.
Pilihan layout keyboard yang di idamkan bakal nampak pada monitor ketiga. Jika sudah merampungkan konfigurasi keyboard, click tombol Forward.
Ada empat pilihan untuk Linux Ubuntu. dimana jika Linux Ubuntu memiliki system operasi, seperti Windows XP serta mau memakai system dual boot, sebagian pilihan yang bisa dipakai yakni :
• Pada Pilihan pertama : " Instal mereka dengan cara berbarengan, Andadapat pilih keduanya setiap saat startup. "
• Pada Pilihan Ke-2 : " Jika Anda mau meniadakan system operasi yang telah ada, atau mungkin hard drive yang Andamiliki telah kosong serta inginkan installer dengan cara automatis mempartisi hard drive Anda, lalu pastikan pilihan ke-2, yakni " Pakai semua disk (Use entire disk) "
• Pada Pilihan Ketiga : " Pakai ruangan paling besar bebas terus-menerus " serta bakal meng-install Ubuntu 10. 04 di ruangan unpartitioned pada hard drive yang diambil.
• Pada Pilihan Ke empat : " Tetapkan partisi dengan cara manual " serta disarankan cuma untuk pemakai yang sudah mahir yang dapat bikin partisis spesial maupun memformat hard drive dengan filesystem lain dengan cara default. Namun dapat juga dipakai untuk bikin partisi/home, yang sangatlah bermanfaat bila Lu meng-install lagi semua system.
Bakal tampak tabel partisi, untuk meneruskan instalasi jadi click tombol Forward untuk meneruskan instalasi.
Pada monitor itu, Andaharus lakukan pengisian kolom. Isilah nama Asli Anda, nama yang Anda mau pakai ketika login di Ubuntu OS (juga di kenal juga sebagai username yang bakal disuruh untuk log in ke system), password dan nama computer (dengan cara automatis, namun dapat ditimpa). Nanti bakal ada pilihan Login dengan cara automatis. Jika Andamencentang kotak untuk pilihan ini, jadi dengan cara automatis Linux Ubuntu bakal login kembali ke desktop Ubuntu. Untuk meneruskan, jadi click tombol Forward
Sistem paling akhir dalam instalasi, jadi Click tombol Install. Serta Ubuntu 10. 04 LTS (Lucid Lynx) mulai sistem instalasi.
Tunggu untuk sebagian menit, jadi bakal nampak jendela pop up untuk memberitahukan jika instalasi sudah usai dikerjakan. Untuk memakai sistem operasi ini, terlebih dulu Andaharu me-restart computer. Karenanya, click tombol Restart Now.
Dengan cara automatis CD bakal keluar. Karenanya, mengeluarkan CD dari CD room serta untuk reboot tekan Enter. Lalu dalam sebagian detik computer bakal direstart. Serta tampak boot splash Ubuntu.
Pada monitor login, Andaharu click nama yang dipakai tadi, serta selekasnya input password yang tadi Anda bikin. Lalu tekan Enter atau mungkin click Log In
Sesudah ini, Anda bakal selekasnya lihat penampilan dari Desktop Ubuntu 10. 04 LTS (Lucid Lynx).
Meng-install Linux Red hat
Kerjakanlah penyetingan BIOS pada computer Anda, hingga booting pertama dari CD-Drive.
Ke CD Drive, Masukkanlah Disk ke 1 dari 3 CD Red Hat. Lalu Anda mesti menanti untuk sebagian waktu, lalu bakal nampak pilihan untuk mengawali instalatasi Red Hat, serta tekan tombol Enter.
Pilihan bhs bakal nampak sebagian waktu lalu. Untuk meneruskan jadi click tombol Next. Lalu bakal tampak jendela pilihan untuk keyboard.
Pilihan untuk mouse bakal nampak, jadi untuk meneruskan click sesuai sama pilihan mouse yang sesuai sama. Serta untuk meneruskan click tombol Next.
Monitor untuk pilihan untuk upgrade atau mungkin install bakal nampak. Jadi Andaharus pilih Perform a New Red Hat Linux Installation. Kemudian, click tombol Next.
Bakal nampak pilihan untuk instalasi yang dikehendaki, seperti :
• Personal Desktop Aplikasi offices serta Multimedia 1. 8 GB
• Workstation Computer kerja untuk jaringan serta developer/programmer. 2. 1 GB
• Server Computer juga sebagai server dengan aplikasinya 1. 5 GB – 4. 85 GB
• Custom Memastikan sendiri paket sesuai sama keperluan 500 MB – 4. 85 GB
• Centang satu diantara kolom pilihan, serta click tombol Next.
Bakal nampak pilihan bentuk partisi yang di idamkan, yakni Automatically Partition atau mungkin Manually Partition with Disk Druid. Jadi tentukan Manually Partition with Disk Druid untuk bikin partisi pada sistem operasi Linux, serta dengan cara default Anda butuh cuma bikin partisi :
1/boot ———-> ; EXT3/Linux Native ——-> ; 100 MB
2/————–> ; EXT3/Linux Native ——–> ; 4000 MB
3 swap ———–> ; Swap ————-> ; 2 x jumlah memori yang terpasang pada computer
pada kotak dialog Partitioning Anda mesti click tombol NEW. Lalu pada kolom Mount Point mesti Anda isi “/”. Untuk file sistem tentukan Linux Native.
Lalu Anda mesti isi kolom size bekas dari harddisk yang masih tetap kosong. Click tombol OK, serta Next.
Sesudah partisi usai di buat, jadi konfigurasi untuk boot loader bakal nampak. Serta click tombol Next.
Jika mau menghubungkan computer dengan jaringan, Anda mesti isi data yang disuruh. Tetapi apabila tak, biarlah kosong serta click tombol Next.
Sesudah sebagian waktu jadi konfigurasi firewall bakal nampak. Jika Anda tidak mau untuk menghubungkan pada computer dengan jaringan jadi biarlah kosong. Lalu click tombol Next

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar