Sabtu, 30 Agustus 2014

Cara Mengobati Asam Urat Dengan Ramuan Tradisional

Pernahkah Anda tiba-tiba saja merasa nyeri pada persendian, bengkak berhari-hari, radang, dan bahkan sendi kaku untuk digerakkan? Tidak usah terlalu panik. Itu bukan ciri-ciri dari stroke kok. Bisa jadi anda terkena asam urat. Apakan Anda tahu, apa itu asam urat? Bagaimana cara mengobati asam urat ? Berikut akan diuraikan mengenai penyakit asam urat ini.
Asam urat adalah penyakit yang terjadi akibat bertumpuk-tumpuknya kristal asam urat yang didapat dari metabolisme zat purin yang biasanya menyerang di bagian persendian. Asam urat dapat diatasi dengan mengetahui bagaimana cara mengobati asam urat
Sementara itu, zat purin itu sendiri adalah zat yang memiliki kandungan asam nukleat di dalam inti sel segala mahluk hidup, termasuk kita sebagai manusia. Zat purin dalam hewan contohnya terdapat pada jeroan, ginjal, hati, babat, limpa, dan paru. Juga terdapat pada seafood, kacang-kacangan dan lain sebagainya. Jika kita terlampau sering mengonsumsi makanan-makanan tadi, besar kemungkinan akan terkena asam urat. Meski penyakit ini sendiri banyak menyerang para lansia, tapi tidak menutup kemungkinan yang berusia 35 tahun ke atas pun bisa terkena.
Lalu, bagaimana untuk menghindari penyakit asam urat supaya tidak menyerang kita? Hal yang pasti yaitu, lakukanlah pola hidup yang sehat, mengurangi makanan-makanan yang berlemak dan mengandung tinggi zat purin, juga menghindari mengonsumsi alkohol. Hal itu karena alkohol juga dapat menyebabkan penyakit tersebut.
Alkohol yang berlebih dalam ginjal dapat mengurangi keluarnya kristal asam urat pada saat kita buang air kecil (melalui urine) dan hal ini menyebabkan asam urat tetap berdiam dalam peredaran darah yang akhirnya menumpuk dalam persendian. Ginjal pun bisa mengalami gangguan saat melakukan aktivitas vitalnya sehari-hari. Bisa juga menyebabkan si penderita tidak dapat berjalan karena saking kaku dan sakitnya bagian sendi. Cara Mengobati Asam Urat - Berbagai Makanan yang Harus Dihindari Penderita
Jikalau kita sudah paham mengenai penyebab dari asam urat, seharusnya kita mulai memilah-milah makanan apa saja yang berpotensi menimbulkan asam urat. Berikut ini merupakan daftar nama-nama makanan tersebut, yaitu:
Jeroan hewani, seperti ginjal, usus, hati, limpa, babat, dan paru
Jenis seafood , seperti kepiting, tiram, sotong, cumi-cumi, kerang-kerangan, ikan teri, dan ikan sarden
Makanan kaya daging, seperti abon, dendeng, serta kornet sapi
Jenis unggas, seperti angsa dan bebek
Jenis kacang-kacangan, seperti kacang kedelai, kacang tanah, kacang ijo, taoge, emping melinjo, dan hasil olahan atau pun fermentasinya, seperti tempe, tauco, dan susu kedelai
Jenis sayur-mayur, seperti kembang kol, bayam, asparagus, daun singkong, daun pepaya, kangkung, jamur kuping dan buncis
Jenis makanan olahan, seperti keju, es krim, dan kaldu
Jenis buah-buahan, seperti duren, nanas serta air kelapa
Jenis makanan yang memakai mentega, baik digoreng ataupun bersantan
Makanan lain yang tinggi lemak serta protein.
Jika ditilik, kelihatannya hampir semua makanan tersebut terlalu susah untuk ditinggalkan. Tapi masih banyak kok makanan lain di luar itu yang tak kalah enaknya dan aman untuk dinikmati. Lagian itu salah satu cara mengobati asam urat sekaligus pencegahannya. Jadi, demi kesehatan anda kini dan nanti, mengapa tidak kalau harus dihindari? Cara Mengobati Asam Urat - Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita
Selain beberapa makanan pantangan tadi, di bawah ini akan dibahas beberapa makanan yang direkomendasikan untuk mengobati penyakit asam urat. Setidaknya makanan-makanan ini memberikan dampak positif bagi anda yang menderita asam urat. Berikut penjelasannya:
Konsumsilah makanan yang diperkaya dengan zat potasium tinggi. Contoh jenis makanan ini ialah, kentang, pisang dan yoghurt.
Sering-seringlah anda menikmati aneka buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C. Misalnya saja, buah stroberi, jeruk, dan pepaya.
Perbanyak memakan jenis makanan yang mempunyai kandungan karbohidrat kompleks.
Makanan yang demikian banyak ditemui dari makanan pokok kita sehari-sehari yaitu, nasi. Juga bisa didapat dari beberapa jenis tanaman palawija seperti, singkong, ubi atau ketela. Selain itu makanan olahan seperti roti juga direkomendasikan untuk dikonsumsi.
Mengurangi asupan makanan yang berkarbohidrat sederhana dari jenis gula (fruktosa), seperti permen, arumanis, gulali, dan sirup.
Selain daripada itu, ada juga beberapa jenis buah dan sayur yang dipercaya efektif mengobati asam urat. Buah dan sayur tersebut, antara lain buah naga, belimbing wuluh, jahe, labu kuning, sawi putih, tomat, dan serai. Cara Mengobati Asam Urat - Lakukanlah Aktivitas Anda Sehari-hari
Banyak orang yang berusaha keras dalam rangka pengobatan terhadap penyakit yang dideritanya hanya dengan mengandalkan dari segi pengobatannya saja., seperti rutin meminum obat, rajin memeriksakan kesehatan dan lain sebagainya.
Padahal di luar dari itu, banyak aktivitas yang bersifat aktif untuk menunjang kesembuhannya dari suatu penyakit itu tadi. Contohnya saja cara mengobati asam urat. Tidak hanya dengan menghindari dan mengonsumsi makanan yang dianjurkan saja. Tapi juga dengan melakukan aktivitas sehari-hari, seperti rajin melakukan olahraga ringan (jalan sehat, melemaskan otot-otot, dan persendian badan dan yoga), menurunkan berat badan bagi yang mengalami obesitas (dengan diet sehat yang aman dan tidak menyiksa), jangan terlalu kecapean, juga perbanyak meminum air putih.
Kenapa air putih turut serta dalam rangka pengobatan asam urat? Hal itu karena air putih dapat membantu menyapu kristal-kristal yang mengandung asam urat dari dalam tubuh, kemudian mengeluarkannya melalui urine (buang air kecil). Selain itu, air putih juga dapat membersihkan ginjal dan menghancurkan batu ginjal di dalamnya.
Satu tindakan ringan dengan bermacam-macam daya fungsi tentunya. Kadang hal-hal sepele dan kecil dalam kehidupan kita bisa sangat memberikan efek positif yang tak disangka-sangka sebelumnya. Jadi, tidak ada salahnya bagi kita untuk selalu meminum air putih setiap hari sebanyak 11 gelas. Terutama 1 gelas awal pada saat kita bangun dari tidur, di pagi hari. Cara Mengobati Asam Urat - Memakan Buah dan Sayur
Tuhan Yang Maha Esa menciptakaan segala sesuatu di dunia ini tanpa adanya kesia-siaan. Hanya saja manusia itu sendiri yang belum mampu menjangkaunya. Bahkan dari sebuah virus penyakit saja, kita bisa memperoleh manfaatnya untuk kemudian dijadikan vaksin. Tidak hanya itu, dari setetes air liur kita (yang sering kali kita anggap kotor dan menjijikan), itu juga dapat mencegah infeksi pada luka baru yang menggores di atas kulit kita.
Begitu pula dengan beberapa sayur serta buah berikut ini, yang sering kita pandang sebelah mata, padahal punya efek bermanfaat untuk mengobati asam urat. Parahnya lagi, orang-orang sekarang lebih menggantungkan pengobatan pada obat-obat kimia yang tentu saja berefek samping tidak baik untuk kesehatan.
Anehnya, kenapa sih orang-orang Indonesia lebih gemar berbondong-bondong berobat ke Singapura? Sakit jantung ke Singapura, operasi kanker pun ke Singapura. Lama-lama sakit panu pun ke Singapura lagi. Terlalu. Padahal di negeri ini banyak tanaman-tanaman berkhasiat yang tak kalah hebatnya dengan obat kimia dan lebih aman pastinya. Berikut ini beberapa sayur, buah, dan apotik hidup yang bisa didayagunakan sebagai salah satu cara mengobati asam urat:
Buah sirsak. Buah berdaging putih lembut dan berkulit duri ini dapat dibikin jus atau pun dimakan langsung untuk mengobati asam urat.
Labu siam. Jenis tanaman merambat ini bisa diparut, kemudian disaring dan diambil airnya untuk diminum setiap hari.
Kentang mentah dan apel Malang. Diblender jadi satu untuk dijadikan jus. Diminum setiap hari.
Buah delima, jahe, ketela merah, dan madu. Ketiga bahan (selain madu) diblender untuk dibuat jus. Bisa juga diparut atau ditumbuk hingga halus, kemudian diseduh dengan air panas satu gelas dan tambahkan madu. Minum selagi hangat, sekali habis. Lakukan satu bulan berturut-turut. Mudah-mudahan sembuh. Selamat mencoba!
Demikianlah berbagai cara mengobati asam urat. Bagi Anda yang menderita asam urat dan ingin segera sembuh, cobalah cara-cara tersebut. Mudah-mudahan dengan melakukan cara-cara tersebut, penyakit asam urat yang Anda derita bisa cepat sirna. Banyak jalan menuju Rhoma, juga banyak cara mengobati asam urat Selagi ada yang tradisional dan alami, why not to try this?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar